HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KOTA LOSPALOS TAHUN 2022

FERNANDES, NINTORIO VIEIRA (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KOTA LOSPALOS TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Nasional Karangturi.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
COVER.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB III.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB IV.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan, sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien, untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan yaitu yang dikenal dengan model SERVQUAL (service quality (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability). Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui hubungan mutu pelayanan Kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien Rawat Inap di Rumah Sakit kota Lospalos, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan explanatory atau penelitian penjelasan yang dilakukan pada bulan Juni tahun 2022. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Kota Lospalos. Jumlah sampel adalah 30 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi penelitian. Instrument penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis pada penelitian ini yaitu analisis Bivariat menggunakan uji chi square dengan kepercayaan 95% dengan α = 0.05. hasil penelitian menunjukan ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien antara dimensi Reliability P Value = 0.002, dimensi Responsiviness P Value = 0.004, dimensi Assurance P Value = 0.0042 dan dimensi empathy P Value = 0.0015, sedangkan mutu pelayanan dimensi tangibles tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien dengan P Value = 0.063>0.05. Diharapkan agar pihak Rumah Sakit Kota Lospalos dapat meningkatkan lagi mutu pelayanan
sehingga kepuasan pasien juga dapat menigkat, agar dapat memaksimalkan kepercayaan pasien dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan pasien, Rawat Inap

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Manajemen Informasi Kesehatan
Depositing User: Unnamed user with email dev@unkartur.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:49
Last Modified: 25 Apr 2024 06:49
URI: http://eprints.unkartur.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item